2021 Pekanbaru miliki nama beberapa Kecamatan Baru hasil Pemekaran.

2021 Pekanbaru miliki nama beberapa Kecamatan Baru hasil Pemekaran.

VISIINDONESIA.com - PEKANBARU -  Tahun 2021 Kota Pekanbaru sudah ada kecamatan baru. Nama yang diberi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk kecamatan pemekaran ini punya nilai historis.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, untuk nama Kecamatan Tampan, akan dihapus. Setelah dimekarkan akan ada Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Bina Widya.

"Nama Kecamatan Tampan sendiri dihapus, karena sebenarnya nama Tampan itu berasal dari Kelurahan Tampan yang ada di pinggiran Sungai Siak," ujar  Walikota Pekanbaru, Kamis (10/12/2020).

Nama Tuah Madani, kata Walikota, diambil berdasarkan diskusi dengan tokoh masyarakat dan simbol yaitu perguruan tinggi UIN Suska. UIN Suska menyebut nama kampus tersebut sebagai Kampus Madani.

"Sedangkan Bina Widya, secara kebetulan di dalam wilayahnya juga ada kampus yakni Universitas Riau atau UNRI. UNRI ini menyebut nama kampusnya Bina Widya. Jadi kita ambil nama kampusnya sebagai nama kecamatan baru," jelas Walikota.

Kemudian untuk Kecamatan Tenayan Raya juga dimekarkan menjadi dua kecamatan. Satu kecamatan tambahan bernama Kecamatan Kulim. Nama Tenayan Raya tetap. Dari 13 kelurahan, lima kelurahan diambil untuk kecamatan baru yang diberi nama Kecamatan Kulim.

"Kulim ini adalah nama yang lebih populer dan nama lama di wilayah ini sebelum adanya nama Tenayan. Dari tahun 70-an, semua orang menyebut wilayah ini Kulim," ungkapnya.

Sementara Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir dipecah menjadi tiga kecamatan di antaranya Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur. "Rumbai dan Rumbai Pesisir kita belah tiga saja. Rumbai tetap menjadi Kecamatan Induk karena posisinya di tengah-tengah. Tambahannya Rumbai Barat dan Rumbai Timur," jelas Walikota. (Ferry Anthony).

Comments (0)

There are no comments yet

Related Posts

Paling Dicari

Leave a Comment